كفّ الثّوب في الصّلاة ((تشميره)) :
Menyingsingkan lengan busana ketika melakukan shalat.
ومن أخطاء بعض المصلّين: أنهم يكفّون ـ أي: يشّمرون ـ ثيابهم، قبل دخولهم في الصّلاة.
Di antara kesalahan-kesalahan yang diperbuat ketika shalat adalah menyingsingkan baju sebelum mulai melakukan shalat.
عن ابن عباس ـ رضي الله عنهما ـ قال: قال رسول الله – صلى الله عليه وسلم -: ((أَمرتُ أن أسجد على سبعةٍ، ولا أكفّ شعراً ولا ثوباً))
Dari Ibnu Abbas, dia berkata: Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wasallam bersabda: “Aku diperintahkan untuk sujud di atas tujuh anggota badan dan (dilarang) menyingsingkannya baju dan rambut (menjalinnya).” (Diriwayatkan oleh Muslim)
ترجم أبن خزيمة رحمه الله تعالى على هذا الحديث بـ : ((باب الزّجر عن كفّ الثّياب في الصّلاة))
Ibnu Khuzaimah rahimahullah ta’aala mengklasifikan hadits ini di dalam baab al zajr an kaff al tsiyaab fii al shalaah. (Shahih Ibn Khuzaimah (I/383).
قال النووي ـ رحمه الله تعالى ـ ((اتّفق العلماء على النّهي عن الصّلاة وثوبه مشمّر أو كمّه أو نحوه))
Al Nawawi rakimahullah ta’aala berkata: “Para ulama telah bersepakat tentang larangan shalat dengan menyingsingkan baju, lengan baju atau yang lainnya.” (Syarh Shahih Muslim ((IV/209).
وقال الإمام مالك: فيمن صلّى مشمّراً كمّيه: ((إن كان ذلك لباسه قبل ذلك وهيئته، وكان يعمل عملاً، فشمّر لذلك العمل، فدخل في صلاته كما هو، فلا بأس بأن يصلّي بتلك الحال. وإن كان إنما فعل ذلك ليكفت شعراً أو ثوباً فلا خير فيه)).
Al Imam Malik berkata mengenai orang shalat yang menyingsingkan lengan bajunya: “Jika memang bajunya sebelum shalat sudah disingsingkan, atau memang kebiasaannya adalah menyingsingkan lengan baju sehingga dia melakukan shalat juga seperti itu, maka tidak mengapa. Akan tetapi jika dia melakukan itu hanya karena ingin mengumpulkan rambut (menjalin) dan bajunya (menyingsingkan), maka hal itu adalah tidak baik.” (al-Mudawwanah al Kubraa I/96).
قلت: وظاهر النّهي مطلق، سواء شمّر للصّلاة، أم كان مُشمِّراً قبلها، ودخل فيها، وهو على تلك الحالة.
Aku berkata: “Redaksi larangan itu bersifat mutlak, apakah menyingsingkan baju ketika shalat ataukah sebelumnya dan setelah itu baru melakukan shalat. Yang penting orang itu menyingsingkan bajunya.”
قال النووي بعد كلامه السّابق: ((وهو ـ أي: النهي عن تشمير الثّوب ـ كراهة تنزيه، فلو صلّى كذلك فقد أساء وصحت صلاته.
Al Nawawi berkata setelah perkataannya yang di atas: “Larangan untuk menyingsingkan baju adalah makruh tansih. Jika ada seseorang yang shalat dalam keadaan seperti itu, maka shalatnya tetap sah, hanya saja dia telah melakukan perbuatan yang tidak terpuji.
واحتجّ قي ذلك أبو جعفر محمد بن جرير الطّبري بإجماع العلماء. وحكى ابنُ المنذر الإعادة فيه عن الحسن البصري)).
Pendapar ini yang dibuat argumentasi oleh Abu Ja’far Muhammad ibn Jarir al-Thabariy beserta ijma’ para ulama. Ibnul Mundzir bercerita tentang pengulangan pendapat tersebut dari al Hasan al Bashri.” (Syarh Shahih Muslim ((IV/209)).
ثم قال رحمته الله تعالى: ((ثم مذهب الجمهور: أنّ النّهي مطلق، لمن صلّى كذلك، سواء تعمّده للصّلاة أم كان قبلها كذلك، لا لها، بل لمعنى آخر. وقال الداودي: يختص النّهي بمن فعل ذلك للصّلاة.
Kemudian rahimahullah ta’aala berkata lagi: “Madzhab yang dipegang oleh mayoritas ulama adalah larangan tersebut bersifat mutlak bagi setiap orang yang shalat dengan menyingsingkan bajunya, baik dia sengaja untuk shalat dalam keadaan seperti itu ataukah memang sebelumnya dia telah biasa melakukan hal tersebut. Al Dawudiy berkata: “Larangan itu lebih dikhususkan untuk orang yang melakukannya ketika shalat.
والمختار الصحيح هو الأوّل. وهو ظاهر المنقول عن الصحابة وغيرهم))
Sedangkan pendapat yang dipilih lagi shahih adalah yang pertama. Itulah redaksi yang dinukil dari sahabat dan lainnya.“